Advertisement

Latest News

TNI DAN AB MALAYSIA GELAR LATGABMA PENANGGULANGAN TERORIS

By Redaksi - Rabu, 24 Maret 2010

Jakarta, HS--

TNI memberangkatkan 452 personel dari Kopassus, Denjaka, Denbravo dari Angkatan Udara ke Malaysia dalam rangka latihan bersama Malindo Darsasa 7AB/2010 penanggulangan teroris.

“Prediksi ancaman teroris masih potensial, sehingga mendorong kedua negara Indonesia dan Malaysia menggelar latihan gabungan bersama Malindo di Malaysia," kata Asisten Operasi Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Asops Panglima TNI di Pangkalan Kolilamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (23/3).

Menurut Asops, latihan gabungan bersama ini pada awalnya adalah latihan gabungan bersama angkatan darat, laut dan udara Indonesia dan Malaysia sejak tahun 1981 dengan skenario latihan dalam rangka tugas operasi militer perang.

Namun perkembangan kemungkinan ancaman yang lebih nyata saat ini menuntut porsi operasi militer selain perang lebih banyak, agar dapat dicapai kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi tugas-tugas operasi militer selain perang tersebut.

Menurutnya, latihan gabungan Malindo akan difokuskan pada tugas-tugas selain perang yaitu operasi penanggulangan terorisme.

Hal ini disesuaikan dengan bentuk ancaman yang paling mungkin terjadi yaitu ancaman terorisme sebagaimana serangan teror kejadian 9 November yang kemudian beberapa kejadian di seluruh dunia termasuk di Indonesia, yaitu Bom Bali, JW Marriot, dan Ritz Carlton.

Disamping itu, latihan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan melalui penyelenggaraan Latgabma Malindo diharapkan dapat menguji protap 16,17, 18 dan 19 tentang penanggulangan terorisme dan bencana alam yang telah disusun oleh kedua angkatan bersenjata.

"Latihan ini juga dapat meningkatkan kesamaan persepsi dalam menanggulangi ancaman bersama sekaligus untuk meningkatkan kerjasama saling menguntungkan antara kedua negara," kata Asops Panglima TNI Mayjen Supiandin AS. (Kominfo Newsroom/Yr/toeb)


Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "TNI DAN AB MALAYSIA GELAR LATGABMA PENANGGULANGAN TERORIS"

Leave a Reply

Advertisement