Advertisement

Latest News

By Redaksi - Selasa, 02 Maret 2010

Pemprov Jabar Akan Memurnikan 
Status Gedung Kesenian Rumentang Siang 

Bandung, Hs— 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan memurnikan status Gedung Kesenian (GK) Rumentang Siang dari PD Jasa Wisata (Jawi) kepada Pemprov Jabar. Hal ini dilakukan agar gedung kesenian yang sudah berdiri sejak 1975 ini dapat lebih representative dan terawat baik. 

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, menyampaikan hal itu usai membuka Festival Drama Basa Sunda (FDBS) ke-11 di GK Rumentang Siang, Jln. Baranang Siang. Menurutnya, kebijakan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai pengambilalihan karena PD Jawi merupakan BUMD di bawah pemprov. "Jadi bukan ambil alih namanya, tetapi memurnikan kembali status Rumentang dari semua di bawah PD Jawi, sekarang langsung dikelola oleh pemerintah” katanya.

Dengan status ini, katanya, pemerintah akan lebih mudah memberikan bantuan. Terutama bantuan tetap yang berasal dari APBD. Agar keberadaan GK Rumentang Siang dapat difungsikan secara maksimal. Berbeda bila masih berada di bawah PD Jawi sulit, karena perusahaan lebih berorientasi pada profit. Perihal kapan kebijakan tersebut direalisasikan, gubernur mengatakan secepatnya dan akan disampaikan kepada DPRD Pemprov Jabar. 

Menanggapi kebijakan tersebut inohong Sunda yang juga anggota DPRD Jabar Uu Rukmana menyambut baik. Apalagi ada indikasi kemungkinan PD Jawi menjual atau mempekerjasamakannya dengan pihak lain. Selama ini, kata Uu, di bawah PD Jawi GK Rumentang Siang tidak diurus bahkan ditelantarkan. ***


Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for " "

Leave a Reply

Advertisement